Pintu Pertemuan

June 15, 2024


 

Tepat di hari perayaan itu kamu memberanikan diri. Mengusiknya barang sebentar. Seperti sebelumnya, atau momen yang lain. Mengharapkan balasan yang lebih, kamu pun cukup khawatir memulai. “Ah, coba lagi deh,” itu mantra terakhirmu kala tak sesuai garis kisah.


Obrolanmu dan dia hanya sebatas perihal pekerjaan, atau juga topik eksakta yang canggih. Sebab, kamu atau dia sama-sama bergeming untuk melangkah ke tema lain. Di akhir bincang, semuanya gamang. Maaf, bukan semua, melainkan dirimu saja. Dia tetap seperti itu. Dengan kemandirian dan cantik anggunnya, dia terus menjalani hari. Tanpa beda. Tetap sama.


Kamu melepas harap dengan mewarnai lika-liku hidup seperti biasa. Pagi mencari nafkah, sore berlomba untuk sesegera mungkin kembali ke dalam rumah. Namun, pesan singkat darinya tetiba menyeruak. Entah angin apa yang berhembus di benaknya, dia kini yang lebih dulu memulai cerita.


Memoria seketika ditumpahkan. Kisah-kisah picisan lebar-lebar dibentangkan. Soal hal serius mengenai proyek-proyek, mekanisme penelitian, hingga bagaimana satu ide bisa sampai teraplikasi merupa barang jadi pun kalian bahas. Tak lupa, jokes tak lucu khasmu pasti tak pernah absen. Kamu pun menaruh was-was kembali, akan sepanjang apa ruang cerita ini?


Tampaknya, alam sedang berpihak padamu. Buku yang akhir-akhir ini dia sesap itu tetiba dengan magisnya mengubah suasana. Dengan satu-dua kalimat balasan darinya, semua sekelebat terbuka. Memang benar, tidak ada yang tahu melalui pintu mana untuk masuk satu romansa. Pintu kalian barangkali mengenai bahasan “ke depan akan tinggal di mana dan berkarir apa”.


“Kalau memang jalannya denganmu, aku ikut saja,” sergah dia.


Sejak itu, mungkin selalu ada sungging senyum di ujung bibirmu. Kamu berharap dia juga sedemikian, sesenang dan segembira kamu. Malam ini kalian mengakhiri panggilan telepon. Seharusnya kamu bergegas terlelap. Namun, matamu tak bisa memejam, terus memandangi langit-langit itu lamat-lamat. Bibirmu diam, tetapi hatimu berdoa,”Semoga selamanya.” []

 

Jakarta, Juni 2024

#Ilustrasi diunduh dari sini

Followers