Outliers: Sukses Setelah 10.000 Jam

July 29, 2013


Outliers, buku recommended satu ini bukan ber-genre sastra atau seni. Buku ini ialah buku motivasi. Pengarangnya Malcolm Gladwell, seorang anak muda yang kukira juga termasuk The Outliers, sebutan untuk orang-orang Outliers.
 
Sebenarnya, apa itu "Outliers"?
Nah, “Outliers” adalah titik pada suatu diagram atau grafik di mana letaknya tidak berada di kecenderungan/tren data, atau dengan kata lain anomali. Bisa jadi itu sebuah galat, atau juga invensi. Sebutan untuk titik itulah yang menjadikan Malcolm menamai bukunya dengan: Outliers.
Michael Phelps
Buku Outliers bercerita tentang bagaimana kegigihan seseorang, kelompok, atau suatu badan usaha untuk dapat meraih mimpi-mimpinya. Diceritakan di dalamnya bagaimana The Beatles memperoleh kesuksesan dari jeripayah yang teramat sangat. Kemudian seorang anak muda bernama Michael Phelps dengan kemampuan berenang yang luar biasa. Oh, bukan karena bakat, melainkan kuatnya usaha dan latihan. Lalu, halaman buku itu membawaku mengerti tentang jalur sukses Walt Disney, Steve Jobs, Bill Gates, Michael Jordan, dan beberapa tokoh lain yang fenomenal.
 
The Beatles
Ternyata, ketika sampai pada halaman terakhir. Buku tersebut mengajarkan bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan, kita WAJIB menyelesaikan latihan sebanyak 10.000 jam. Sungguh, itu bukan perkara gampang. Seseorang pasti mengenal apa itu lelah, terlagi frustasi karena mimpi yang kunjung terpenuhi. The Beatles telah menghabiskan waktu manggung di jalanan selama 10.000 jam sebelum akhirnya mencapai karir profesional. Michael Phelps sudah menjalani peran sebagai perenang dan latihan selama 10.000 jam sebelum meraih medali Olimpiade. Juga Walt Disney, Steve Jobs, Bill Gates, Michael Jordan, serta yang lain. Namun, itulah kesuksesan, hanya datang bagi sesiapa yang telah pantas mendapatkan.

Sudahkah Anda berlatih selama 10.000 jam lebih? Kalau belum, pantaskah Anda mengeluhkan nasih Anda sendiri?

Tak ada mimpi yang terlalu tinggi. Yang ada, usaha yang terlalu sedikit.
(IPM)

Surabaya, Juli 2013

Followers